Baca dulu infonya ??

Senin, 31 Oktober 2011

Cara Pengolahan Tepung Gaplek


  1. PENDAHULUAN Tepung gaplek adalah butiran kering dari hasil penggilingan gaplek dan parutan kering umbi. Tepung gaplek digunakan untuk bahan baku pakan dan makanan ringan.

  2. BAHAN Gaplek, atau umbi segar.
  3. PERALATAN
    1. Penggiling
    2. Pemarut.
    3. Alat Peras.
    4. Tempat penjemur.
    5. Alat Pengering.
  4. CARA PEMBUATAN
    1. Pengolahan dari Bahan Baku Gaplek
      Gaplek digiling sampai halus (lolos ayakan 60 mesh) dengan mesin penggiling. Setelah itu, tepung dapat dikemas di dalam karung plastik. Selama penyimpanan dan pengangkutan, bahan tidak boleh terkena air, dan tidak boleh berada di tempat yang lembab.
    2. Pengolahan dari Umbi Segar.
      1. Pengolahan dari umbi segar paling diajurkan karena lebih cepat dan bagus hasilnya.
      2. Umbi dikupas, kemudian dicuci. Setelah itu umbi diparut dengan parutan datar atau dengan mesin pemarut.
      3. Hasil parutan diperas dengan pemeras ulir atau hidrolik untuk mengurangi kadar airnya.
      4. Hasil perutan yang telah diperas tersebut dijemur di atas tampah atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air kurang dari 14% dengan tanda gemersiknya bahan jika dibolak-balik atau diremas. Hasil pengeringan disebut tepung gaplek kasar.
      5. Tepung gaplek kasar digiling sampai halus (lolos ayakan 60 mesh). Setelah itu, tepung gaplek dapat dikemas di dalam karung plastik.
  5. KONTAK HUBUNGAN Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat, Jl. Rasuna Said, Padang Baru, Padang, Telp. 0751 40040, Fax. 0751 40040
    Sumber : Teknologi Tepat Guna Agroindustri Kecil Sumatera Barat, Hasbullah, Dewan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Sumatera Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar